Setelah keliling-keliling google tentang setingan mikrotik sebagai
bandwith management dan bandwith limitter akhirnya saya menemukan
setingan terbaik menurut saya yang paling stabil untuk Warnet yang
berfungsi juga sebagai Game Online.
Setingannya tidak semudah seperti
software-software lain yang sejenis, tetapi hasil yang didapat pun
sangat jauh berbeda dengan software lain. kebanyakan software pembagi
bandwith lain hanya mampu me-limit bandwith per IP saja, dan itu kurang
efektif, karena rebutan bandwith akan tetap terjadi.
Setingan mikrotik sendiri banyak sekali yang berbeda, tergantung
keinginan si pengguna, bagi yang sudah mahir menggunakan mikrotik
mungkin bukan menjadi masalah yang besar, karena mereka dapat menseting
sesuai dengan yang di inginkan, tetapi bagi pengguna awam (newbie)
seperti saya, mencari setingan mikrotik yang di share oleh orang tidak
selamanya dapat di aplikasikan dengan benar untuk mikrotik kita, hal
tersebut didasarkan pada perbedaan versi yang di gunakan oleh
masing-masing.
dan akhirnya saya menemukan setingan yang menurut saya paling stabil
diantara setingan lain yang pernah saya coba. berikut adalah scriptnya :
Mangle:
GAME
contoh buat Point Blank, game lain sesuaikan aja port/ip nya
chain=prerouting action=jump jump-target=game
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game
passthrough=yes protocol=tcp dst-address=203.89.146.0/23 dst-port=39190
comment="Point Blank"
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game
passthrough=yes protocol=udp dst-address=203.89.146.0/23
dst-port=40000-40010
chain=game action=mark-packet new-packet-mark=Game_pkt passthrough=no connection-mark=Game
POKER
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Poker_con
passthrough=yes protocol=tcp dst-address-list=LOAD POKER comment="POKER"
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Poker_con
passthrough=yes protocol=tcp content=statics.poker.static.zynga.com
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Poker passthrough=no connection-mark=Poker_con
BROWSING
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=http
passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan
packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Game connection-bytes=0-262146
comment="BROWSE"
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=http_pkt passthrough=no protocol=tcp connection-mark=http
LIMIT DOWNLOAD
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Download
passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan
packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Poker_con connection
bytes=262146-4294967295 comment="LIMIT DOWNLOAD"
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Download_pkt passthrough=no packet-mark=!Game_pk> connection-mark=Download
UPLOAD
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=Upload
passthrough=no protocol=tcp src-address=192.168.0.0/24 in-interface=Lan
packet-mark=!icmp_pkt comment="UPLOAD"
QUEUE:
queue type
name="Download" kind=pcq pcq-rate=256000 pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Http" kind=pcq pcq-rate=1M pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Game" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address,dst-address,src-port,dst-port pcq-total-limit=2000
name="Upload" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address pcq-total-limit=2000
Queue Tree
name="Main Browse" parent=Lan limit-at=0 priority=8 max-limit=1M burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Browse" parent=Main Browse packet-mark=http_pkt limit-at=0
queue=Http priority=8 max-limit=1M burst-limit=0 burst-threshold=0
burst-time=0s
name="Game" parent=global-total packet-mark=Game_pkt limit-at=0
queue=Game priority=1 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0
burst-time=0s
name="Poker" parent=global-out packet-mark=Poker limit-at=0 queue=Game
priority=3 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Download" parent=global-out packet-mark=Download_pkt limit-at=0
queue=Download priority=8 max-limit=256k burst-limit=0 burst-threshold=0
burst-time=0s
name="Main Upload" parent=global-in limit-at=0 priority=8 max-limit=256k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Upload" parent=Main Upload packet-mark=Upload limit-at=0
queue=Upload priority=8 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0
burst-time=0s
HASILNYA
BROWSING 1Mbs bagi rata sekampung (baca: satu jaringan)
DOWNLOAD 256Kbps bagi rata sekampung
GAME seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
POKER seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
UPLOAD seadanya bandwith bagi rata sesuai kebutuhan sekampung
Script tersebut saya dapatkan dari http://www.forummikrotik.com
untuk mencoba berbagi dengan pengguna lain silahkan anda kunjungi forum tersebut.
Screen Shoot Mangle
Screen Shoot Queue Tree
Agar Bandwith masing-masing paket dapat terbagi dengan rata, anda dapat
menambahkan setingan di Simple Queue untuk limit bandwith per IP
Screen Shoot Simple Queue
Terima kasih.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar