Tuesday, April 08, 2025

Breaking News
>> Cara Membuka Admin pada mesin Absensi  >> Cara Melihat Password Admin Modem Indihome Yang Berubah (ZTE F660)  >> Cara Memperbaiki Error B200 Pada Printer Canon IP2770 dan MP258  >> Cara Root Asus Zenfone 6 KitKat  >> Cara Root Samsung Galaxy Note 2 4.4.2 KitKat  >> Cara Setting Email Gmail di Ms. Outlook    

Selasa, 13 Januari 2015

Seting Mikrotik Untuk Warnet + Game Online

Setelah keliling-keliling google tentang setingan mikrotik sebagai bandwith management dan bandwith limitter akhirnya saya menemukan setingan terbaik menurut saya yang paling stabil untuk Warnet yang berfungsi juga sebagai Game Online.
Setingannya tidak semudah seperti software-software lain yang sejenis, tetapi hasil yang didapat pun sangat jauh berbeda dengan software lain. kebanyakan software pembagi bandwith lain hanya mampu me-limit bandwith per IP saja, dan itu kurang efektif, karena rebutan bandwith akan tetap terjadi.
Setingan mikrotik sendiri banyak sekali yang berbeda, tergantung keinginan si pengguna, bagi yang sudah mahir menggunakan mikrotik mungkin bukan menjadi masalah yang besar, karena mereka dapat menseting sesuai dengan yang di inginkan,  tetapi bagi pengguna awam (newbie) seperti saya, mencari setingan mikrotik yang di share oleh orang tidak selamanya dapat di aplikasikan dengan benar untuk mikrotik kita, hal tersebut didasarkan pada perbedaan versi yang di gunakan oleh masing-masing.
dan akhirnya saya menemukan setingan yang menurut saya paling stabil diantara setingan lain yang pernah saya coba. berikut adalah scriptnya :
 
 
Mangle:
GAME
contoh buat Point Blank, game lain sesuaikan aja port/ip nya
chain=prerouting action=jump jump-target=game
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game passthrough=yes protocol=tcp dst-address=203.89.146.0/23 dst-port=39190 comment="Point Blank"
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game passthrough=yes protocol=udp dst-address=203.89.146.0/23 dst-port=40000-40010
chain=game action=mark-packet new-packet-mark=Game_pkt passthrough=no connection-mark=Game
POKER
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Poker_con passthrough=yes protocol=tcp dst-address-list=LOAD POKER comment="POKER"
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Poker_con passthrough=yes protocol=tcp content=statics.poker.static.zynga.com
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Poker passthrough=no connection-mark=Poker_con
BROWSING
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=http passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Game connection-bytes=0-262146 comment="BROWSE"
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=http_pkt passthrough=no protocol=tcp connection-mark=http
LIMIT DOWNLOAD
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Download passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Poker_con connection bytes=262146-4294967295 comment="LIMIT DOWNLOAD"
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Download_pkt passthrough=no packet-mark=!Game_pk> connection-mark=Download
UPLOAD
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=Upload passthrough=no protocol=tcp src-address=192.168.0.0/24 in-interface=Lan packet-mark=!icmp_pkt comment="UPLOAD"
 
QUEUE:
queue type
name="Download" kind=pcq pcq-rate=256000 pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Http" kind=pcq pcq-rate=1M pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Game" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address,dst-address,src-port,dst-port pcq-total-limit=2000
name="Upload" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address pcq-total-limit=2000
Queue Tree
name="Main Browse" parent=Lan limit-at=0 priority=8 max-limit=1M burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Browse" parent=Main Browse packet-mark=http_pkt limit-at=0 queue=Http priority=8 max-limit=1M burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Game" parent=global-total packet-mark=Game_pkt limit-at=0 queue=Game priority=1 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Poker" parent=global-out packet-mark=Poker limit-at=0 queue=Game priority=3 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Download" parent=global-out packet-mark=Download_pkt limit-at=0 queue=Download priority=8 max-limit=256k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Main Upload" parent=global-in limit-at=0 priority=8 max-limit=256k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Upload" parent=Main Upload packet-mark=Upload limit-at=0 queue=Upload priority=8 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
HASILNYA
BROWSING 1Mbs bagi rata sekampung (baca: satu jaringan)
DOWNLOAD 256Kbps bagi rata sekampung
GAME seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
POKER seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
UPLOAD seadanya bandwith bagi rata sesuai kebutuhan sekampung
Script tersebut saya dapatkan dari http://www.forummikrotik.com
untuk mencoba berbagi dengan pengguna lain silahkan anda kunjungi forum tersebut.
Screen Shoot Mangle
Screen Shoot Queue Tree
Agar Bandwith masing-masing paket dapat terbagi dengan rata, anda dapat menambahkan setingan di Simple Queue untuk limit bandwith per IP
Screen Shoot Simple Queue
Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Designed By Fedi Rahadi Noviandi ST